Alat - Alat Laboratorium Kimia dan Gambarnya




14 Jenis Alat - Alat Laboratorium Kimia

Alat - Alat Laboratorium Kimia

1.     Buret
Buret digunakan untuk meneteskan sejumlah reagen cair dalam eksperimen yang memerlukan presisi, seperti pada eksperimen titrasi.  Buret berbentuk silinder yang memiliki garis ukur dan sumbat keran pada bagian bawahnya. Buret sangatlah akurat, buret kelas A memiliki akurasi sampai dengan ± 0,05 cm3.
2.     Cawan Petri
Cawan Petri digunakan untuk membiakkan sel. Cawan Petri berbentuk bundar dan terbuat dari plastik atau kaca. Cawan Petri selalu berpasangan, yang ukurannya agak kecil sebagai wadah dan yang lebih besar merupakan tutupnya.
Cawan Petri


3.     Corong Pemisah
Corong pemisah digunakan dalam mengekstraksi untuk memisahkan komponen-komponen dalam suatu campuran antara dua fase pelarut dengan densitas berbeda yang takcampur.
Corong Pemisah


4.     Gelas Kimia
Gelas kimia digunakan untuk melarutkan zat yang tidak butuh ketelitian tinggi, misalnya pereaksi/reagen untuk analisa kimia kualitatif atau untuk pembuatan larutan standar sekunder pada analisa titrimetri/volumetri. Gelas kimia mempunyai ukuran mulai dari 25 mL sampai 5 Liter.
Gelas Kimia


5.     Labu Ukur
Labu ukur digunakan untuk mendapatkan larutan zat tertentu yang nantinya hanya digunakan dalam ukuran yang terbatas hanya sebagai sampel dengan menggunakan pipet. Labu Ukur adalah sebuah perangkat yang memiliki kapasitas antara 5 mL sampai 5 L
Labu Ukur


6.     Spatula
Spatula digunakan untuk mengambil obyek. Spatula digunakan di laboratorium biologi atau kimia. Spatula berbentuk sendok kecil, pipih dan bertangkai.
 Spatula


7.     Termometer
Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti bahang dan meter yang berarti untuk mengukur. Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam, yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa.
Termometer


8.     Beker
Beker digunakan untuk mengaduk, mencampur, dan memanaskan cairan yang biasanya digunakan dalam laboratorium.
Beker


9.     Corong Buchner
Corong Büchner digunakan dalam penyaringan vakum. Corong Büchner terbuat dari porselen, namun kadangkala ada juga yang terbuat dari kaca dan plastik. Di bagian atasnya terdapat sebuah silinder dengan dasar yang berpori-pori. 
Corong Buchner


10.            Krus
Krus digunakan untuk menampung senyawa kimia pada proses pemanasan yang menggunakan temperatur yang sangat tinggi. Krus berbentuk seperti cawan yang.
Krus tersedia dalam berbagai ukuran.
Krus


11.            Kalorimeter Makanan
Kalorimeter makanan digunakan untuk menentukan nilai kalor zat makanan karbohidrat, protein, atau lemak.
Kalorimeter Makanan

12.            Kalorimeter Bom
Kalorimeter bom digunakan untuk mengukur jumlah kalor (nilai kalori) yang dibebaskan pada pembakaran sempurna (dalam O2 berlebih) suatu senyawa, bahan makanan, atau bahan bakar.
  Kalorimeter Bom


13.            Kalorimeter Larutan
Kalorimeter larutan digunakan untuk mengukur jumlah kalor yang terlibat pada reaksi kimia dalam sistem larutan.
Kalorimeter Larutan


14.            Sungkup Asap
Sungkup asap digunakan untuk mengurangi kontak seseorang terhadap asap yang berbahaya.
Sungkup Asap

Artikel Terkait

3 comments:

  1. Blognya Keren ... sederhana tapi manis ....
    Kontennya bagus .....lengkap banget ... terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mas, mudah-mudahan artikelnya bermanfaat

      Delete
  2. Menyediakan alat laboratorium dan bahan kimia
    Hub. 082244048979 PIN BB : 227A7620

    ReplyDelete