Perang Saudara Di Berbagai Negara


A.   Perang Saudara di Amerika Serikat
Perang yang terjadi pada tahun 1861 – 1865 ini dikenal sebagai Perang Antar Negara Bagian. Disebut demikian karena 11 (sebelas) negara bagian di Selatan mengumumkan pemisahan dari Amerika Serikat dan membentuk Konfederasi Amerika yang dikenal sebagai “Konfederasi”. Konfederasi memperjuangkan kemerdekaannya dari Amerika Serikat. Konfederasi ini dipimpin oleh Jefferson Davis.

 Perang Saudara di Amerika Serikat



Baca Juga :
Asas-Asas Hubungan Internasional dan Perjanjian Internasional

Perang Saudara Amerika menjadi salah satu perang pertama yang menunjukkan perang industri persenjataan dalam sejarah manusia. Pembuatan rel kereta, kapal-kapal uap, produksi senjata secara massal, dan berbagai macam alat militer lainnya dilakukan di mana-mana. Praktek perang total yang dikembangkan oleh Sherman di Georgia dan perang parit di sekitar Petersburg menjadi salah satu taktik yang digunakan dalam Perang Dunia I di Eropa.

Setelah empat tahun perang berdarah (kebanyakan di negara bagian Selatan), Konfederasi menyerah dan perbudakan dihapus di seluruh negara. Restorasi Serikat, dan Era Rekonstruksi yang mengikutinya, menghadapi masalah yang masih belum terselesaikan selama beberapa generasi selanjutnya.

B.   Perang Saudara di Rusia
Perang saudara yang terjadi dari tahun 1918 -1922  adalah perang antara beberapa kelompok dan negara di Rusia, yaitu antara Pemerintah Uni Soviet yang baru dengan Tentara Merah (cabang angkatan bersenjata Uni Soviet yang dibentuk mengikuti Revolusi Oktober tahun 1917), Kelompok Nasionalis Rusia dengan Tentara Putih. Akhirnya, Uni Soviet berhasil memenangkan perang ini dan semakin memperkuat kedudukannya atas daerah-daerah eks Kekaisaran Rusia.

C.   Perang Saudara di Cina
Perang saudara antara Kuomintang (KMT) dan Partai Komunis Cina (PKC). Perang ini berawal pada 1927 dan  berakhir secara tak resmi pada tahun 1950 dengan pihak Komunis menguasai Cina Daratan (termasuk Pulau Hainan) dan pihak Nasionalis dibatasi di sisa wilayah mereka di Taiwan, Penghu, dan beberapa pulau-pulau luar Fujian. Setelah Ekspedisi Utara di mana faksi sayap kanan KMT, dipimpin oleh Chiang Kai-shek, melepaskan pihak Komunis dari aliansi KMT-PKT.

D.   Perang Saudara di Spanyol
 Perang saudara Spanyol adalah konflik antara kaum Nasionalis dan kaum Loyali, yang berlangsung dari 17 Juli 1936 hingga 1 April 1939. Kaum Nasionalis dipimpin oleh Jenderal Francisco Franco sedangkan kaum Loyalis dipimpin oleh Presiden Manuel AzaƱa dari Republik Spanyol Kedua. 

Kaum Loyalis mendapatkan senjata dan relawan dari Uni Soviet dan gerakan Komunis internasional, sementara kaum Nasionalis (atau Francois) didukung oleh negara-negara Fasis, termasuk Italia dan Jerman. Kaum Nasionalis akhirnya mengalahkan kaum Loyalis.

E.   Perang Saudara Lebanon
Perang saudara ini,  tidak ada konsensus di antara ahli dan peneliti mengenai apa yang menyebabkan Perang Saudara Lebanon, padahal perang ini berlangsung cukup lama, dari tahun 1975 hingga 1990. Namun diperkirakan  Keterlibatan Suriah, Israel, Amerika Serikat dan Organisasi Pembebasan Palestina memperburuk konflik.

Perang berakhir sebentar pada tahun 1976 karena mediasi Liga Arab dan intervensi Suriah, perselisihan Palestina-Lebanon berlanjut, dengan pertempuran terpusat di Lebanon Selatan. Perang ini mengakibatkan 130.000 hingga 250.000 penduduk tewas.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment