Globalisasi : Pengertian, Faktor Penyebab, Ciri-Ciri, Dampak Positif dan Negatif, Sikap Terhadap Globalisasi

globalisasi
Globalisasi adalah hubungan antara negara dengan negara lain di seluruh dunia tanpa mengenal batas wilayah, sehingga hubungan antar negara bisa dilakukan dengan cepat.


A.   Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli
Istilah globalisasi diperkenalkan oleh Theodore Levitte pada tahun 1985, lalu para ahli memberikan defenisi  globalisasi sebagai berikut :

1.     Achmad Suparman : Globalisasi adalah sebuah proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dan setiap individu di dunia ini tampa dibatasi oleh wilayah .

2.     Anthony Giddens : Globalisasi adalah suatu intensifikasi pada hubungan masyarakat yang ada di seluruh dunia yang menghubungkan seluruh daerah sehingga pada kejadian lokal bisa terbentuk dari adanya peristiwa yang muncul dari bermil-mil jaraknya dan begitupun sebaliknya.

3.     Dr. Nayef R.F.Al-Rodhan : Globalisasi adalah sebuah proses yang meliputi seputar kasus, penyebab dan konsekuensi dari adanya perpaduan transnasional dan transkultural pada aktivitas yang dijalankan oleh manusia dan aktivitas yang dilaksanakan oleh mesin.

4.     Emanuel Ritcher : Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar - pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia .

5.     Laurence E. Rothenberg : Globalisasi adalah suatu intensifikasi dan percepatan didalam perpaduan dan interaksi antara pemerintah, perusahaan dan orang-orang yang sedang berada di negara yang berbeda.

6.     Malcom Waters : Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang .

7.     Martin Albrown : Globalisasi menyangkut seluruh proses dimana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.

8.     Princeton N. Lyman : Globalisasi adalah suatu pertumbuhan yang cepat dengan didasari atas ketergantungan dan keterhubungan dari negara-negara yang terdapat di dunia pada hal perdagangan dan keuangan.

9.     Scholte : Globalisasi adalah sebuah proses meningkatnya jalinan atau rangkaian internasional dimana semua negara berupaya mempertahankan identitas dari kenegaraannya, namun masih tetap untuk bergantung antara satu dan yang lainnya.

10.            Selo Soemardjan : Globalisasi adalah proses terbentuknya suatu sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat yang terdapat di seluruh dunia. Adapun tujuan dari globalisasi yaitu untuk mengikuti semua kaidah dan sistem tertentu semisal OKI dan PBB.

11.            Thomas L. Friedman : Globalisasi memiliki dimensi idiologi dan teknologi. Dimensi ideologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia .


B.   Faktor Penyebab Globalisasi
1.     Faktor Ekstern : penyebab munculnya globalisasi berasal dari luar negeri dan perkembangan dunia. Faktor-faktor ekstern tersebut antara lain :
a)     Adanya kesepakatan internasional tentang pasar bebas.
b)    Keberhasilan perjuangan prodemokrasi di beberapa negara di dunia sedikit banyak memberi inspiransi bagi munculnya tuntutan tranparansi dan globalisasi di sebuah negara.
c)     Meningkatnya peran dan fungsi lembaga-lembaga internasional.
d)    Modersisasi atau pembaruan di berbagai bidang yang dilakukan negara-negara di dunia mempengaruhi negara lain untuk mengadupsi atau meniru hal yang sama.
e)     Penemuan sarana komunikasi yang semakin canggih.
f)      Perkembangan HAM.
g)     Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknology (Iptek)

2.     Faktor Intern : penyebab munculnya globalisasi berasal dalam negeri. Faktor-faktor intern tersebut antara lain :
a)     Berkembangnya cara berpikir dan semakin majunya pendidikan masyarakat.
b)    Berkembangnya transparansi dan demokrasi pemerintahan.
c)     Kebebasan pers.
d)    Ketergantungan sebuah negara terhadap negara-negara lain di dunia.
e)     Munculnya berbagai lembaga politik dan lembaga awadaya masyarakat.

C.   Ciri-Ciri Globalisasi
1.     Antar negara saling ketergantungan.  Hal ini terjadi dikarenakan pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO).

2.     Interaksi budaya semakin meningkat. Kita dapat mengkonsumsi gagasan dan mengalami pengalaman baru beraneka ragam budaya, misalnya dalam bidang fashion, literatur, dan makanan.

Masalah bersama semakin meningkat . Misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain.


3.     Perubahan dalam konsep ruang dan waktu. Komunikasi global terjadi secara cepat karena dipengaruhi perkembangan alat telekomunikasi seperti telepon genggam, televisi satelit, dan internet.




D.   Dampak Positif dan Negatif Globalisasi
1.     Dampak Positif dan Negatif Globalisasi dibidang budaya
a)    Dampak positif
1)    Globalisasi menularkan budaya berpikir global, etos kerja dan disiplin yang tinggi serta semangat untuk maju yang pada akhirnya mencipatkan identitas bangsa yang lebih positif di tingkat dunia.

b)    Dampak negatif
1)    Sebagian besar mayarakat Indonesia, terutama generasi muda, mulai lupa dengan identitas diri bangsa Indonesia. Hal ini disebabkan begitu mudahnya mereka meniru budaya dan gaya hidup negara lain (misalnya K-Pop, Rap, Hip-Hop, Punk, Harajuku, Capoeira,dll)

2)    Semakin lunturnya semangat gotong-royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial sehingga dalam keadaan tertentu/ darurat, misalnya sakit,kecelakaan, atau musibah hanya ditangani oleh segelintir orang


2.     Dampak Positif dan Negatif Globalisasi dibidang ekonomi
a)    Dampak positif
1)    Dengan terbukanya pasar internasional, budaya bersaing secara positif sudah mulai mempengaruhi pola pikir masyarakat dunia usaha di Indonesia. 

2)    Memotivasi para pelaku usaha untuk menciptakan produk barang dan jasa yang kompetitif di tingkat dunia.

3)    Perdagangan yang lebih bebas memungkinkan masyarakat dari berbagai negara mengimpor lebih banyak barang dari luar negeri, sehingga meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu negara

4)    Perdagangan luar negeri yang lebih bebas memungkinkan setiap negara memperoleh pasar yang jauh lebih luas dari pasar dalam negeri.

b)    Dampak negatif
1)    Budaya cinta produk dalam negeri yang digalakkan sejak Orde Baru sudah terkikis dengan maraknya produk luar negeri (misalnya Coca Cola, Pizza Hut, Apple, Dolce and Gabbana, dll)

2)    Perkembangan sistem perdagangan luar negeri yang lebih bebas menyebabkan negara-negara berkembang tidak dapat lagi menggunakan tarif yang tingi untuk memberikan proteksi kepada industri yang baru berkembang (infant industry). Oleh karena itu menimbulkan hambatan kepada negara berkembang untuk memajukan sektor industri domestik yang lebih cepat.

3)    Globalisasi cenderung menaikkan barang-barang impor. Apabila suatu negara tidak mampu bersaing, maka ekspor tidak berkembang. Keadaan ini dapat memperburuk kondisi neraca pembayaran

4)    Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan penggunaan mesin dan komputer akan menggantikan fungsi manusia sebagai tenaga kerja, hal ini mengakibatkan pengurangan tenaga kerja (pemecatan dan perampingan tenaga kerja) pada sebuah perusahaan


3.     Dampak Positif dan Negatif Globalisasi dibidang politik
a)    Dampak positif
1)    Tumbuhnya kesadaran menjalankan pemerintahan secara terbuka dan demokratis sebagaimana yang telah dijalankan oleh negara-negara demokratis di seluruh dunia.

b)    Dampak negatif
1)    Globalisasi yang didukung faham demokasi dan liberalisme lambat laun mengikis nilai-nilai budaya luhur dalam ideologi Pancasila

4.     Dampak Positif dan Negatif Globalisasi dibidang sosial
a)    Dampak positif
1)    Tingkat Kehidupan yang lebih Baik. 
2)    Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik. 
3)    Kemajuan di bidang teknologi, komunikasi, informasi, dan transportasi yang memudahkan kehidupan manusia. 
4)    Cepat dalam bepergian (mobilitas tinggi). 
5)    Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan.
b)    Dampak negatif
1)    Terjadinya sikap mementingkan diri sendiri (individualisme) 
2)    Adanya sikap sekularisme yang lebih mementingkan kehidupan duniawi dan mengabaikan nilai-nilai agama. 
3)    Timbulnya sikap bergaya hidup mewah dan boros karena status seseorang di dalam masyarakat diukur berdasarkan kekayaannya. 

E.   Sikap Terhadap Globalisasi
1)    Globalisasi membawa pengaruh yang besar terhadap budaya, oleh karena itu kita harus menyaring budaya asing yang masuk ke negara kita, dan budaya yang masuk itu harus yang sesuai dengan kepribadian bangsa kita

2)    Penanaman budaya sejak dini dan mengakar sehingga perubahan budaya yang berdampak negatif dapat dicegah atau paling tidak dapat diminimalisir.

Sumber :
http://www.kompasiana.com/haritsmasduqi/pengaruh-globalisasi-terhadap-kebudayaan-indonesia_591244dcca23bdb0058b4567
http://blog.bersiap.com/informasi/apa-itu-globalisasi-berikut-penjelasan-lengkapnya
http://kutukuliah.blogspot.co.id/2012/07/benturan-budaya-mempengaruhi-budaya.html
http://hadwinsaleh.blogspot.co.id/2013/01/geografi-ekonomi-dan-globalisasi.html
http://www.kompasiana.com/carfagnaubaldo/globalisasi-positif-atau-negatif_58359665717a61850790fb00
http://hariannetral.com/2015/07/pengertian-globalisasi-dampak-positif-dan-negatif-globalisasi.html
http://pengertian.website/pengertian-globalisasi-pengaruh-dan-dampaknya/
http://muaramasad.blogspot.co.id/2011/04/perubahan-perilaku-masyrakat-di-era.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar