15 Manfaat Renang


manfaat renang

A.  Sejarah Renang

Sejarah olahraga renang sudah dimulai sejak zaman batu atau sejak masa prasejarah yang berkembang di berbagai negara di belahan dunia.

Hal ini diketahui dengan adanya lukisan dan gambar-gambar kuno yang ditemukan di gua daerah Wadi Sora sebelah barat daya Mesir.

Olahraga renang juga berkembang di Eropa yaitu di Yunani dan bangsa Romawi yang menganggap renang sebagai salah satu faktor penting dalam latihan keprajuritan bangsa romawi.

Nicolas Wymann merupakan seorang profesor Jerman yang menulis dan membukukan catatan tentang renang modern untuk pertama kalinya pada tahun 1538.

Pada tahun 1800 dibuat kolam renang untuk yang pertama kali di Jerman dan Australia sebagai tempat berlatih oleh para prajurit.

Pada saat itu renang mulai dimasukkan ke dalam matapelajaran di sekolah-sekolah keprajuritan.

Teknik renang gaya bebas mulai dipopulerkan oleh Arther Trudgen pada tahun 1873.

Trudgen mendapat inspirasi dari gaya renang bangsa Indian di Amerika.

Trudgen meniru dan mempopulerkan gaya bebas yang digunakan oleh bangsa Indian, sehingga gaya bebas juga dikenal sebagai gaya Trudgen.

Pada tahun 1902 Richard Cavil menyempurnakan gaya bebas yang dipopulerkan oleh Trudgen dengan menambah kombinasi gerakan tendangan kaki untuk menambah kelajuan badan pada saat berenang.

Richard Cavil terinspirasi dari gaya renang bangsa Indian Amerika dan mengembangkannya di kepulauan Solomon.

Pada tahun 1908 dibentuk federasi renang tingkat dunia untuk pertama kalinya yaitu Federation Internationale de Natation de Amateur atau Federasi Renang Amatir Internasional.

Pada waktu itu renang gaya kupu-kupu masih menjadi bagian dari renang gaya dada sebagai variasi.

Barulah pada tahun 1952 gaya kupu-kupu terpisah dari renang gaya dada dan berdiri sendiri sebagai renang gaya kupu-kupu

Sejarah renang mencatat renang mulai diperlombakan pada 36 tahun sebelum masehi oleh kaisar Suigui di Jepang.

Di Eropa renang mulai diperlombakan pada tahun 1800an dan hampir semua pesertanya menggunakan renang gaya dada.

Olahraga renang diperlombakan dalam Olimpiade modern pertama kalipada tahun 1896 Athena, Yunani.

Olimpiade Athena mempertandingkan empat nomor yaitu 100 meter, 500 meter, 1.200 meter,untuk renang gaya bebas bebas, dan 100 meter bagi para pelaut

Perlombaan renang untuk wanita mulai diadakan pada tahun 1912 dalam Olimpiade di Stockholm, Belanda.

Pada saat itu hanya memperlombakan renang gaya bebas dengan nomor bebas.


B.  Gaya Renang

1.   Renang Gaya Bebas
Renang Gaya Bebas (free swim) merupakan gaya renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air.
renang gaya bebas

Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian “dicambukkan” naik turun ke atas dan ke bawah.

Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air.

 Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan keluar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping.

Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan.

Dibandingkan gaya berenang lainnya, gaya bebas merupakan gaya renang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air.

Selain gaya renang bebas diatas, masih ada pula renang gaya renang bebas yang dikenal dengan gaya renang trugen yang dikembangkan oleh pelatih renang John Arthur Trudgen pada tahun 1873.

Gaya renang ini berupa gerakan kaki menggunting seperti gaya samping dan bukan gerakan kaki lurus melecut naik turun seperti gaya bebas yang dikenal orang sekarang ini.

Gaya trudgen kemudian dikembangkan oleh perenang Australia Richmond (Dick) Cavill yang berenang dengan gerakan kaki lurus melecut naik turun.

Gaya ini disebut dengan gaya krol (crawl). Pada tahun 1905 perenang gaya trudgen asal Amerika Serikat Charles Daniels memutuskan untuk menguasai gaya krol Australia yang dipelajarinya.

Gaya krol Australia diubah sedikit oleh Daniels menjadi gaya bebas seperti gaya renang yang dikenal orang sekarang.

2.   Renang Gaya Dada
Renang Gaya dada (gaya katak) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air serta batang tubuh selalu dalam keadaan tetap.
renang gaya dada

Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan.

Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan.

Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak.

Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.

Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi.

Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Dalam pelajaran berenang, perenang pemula belajar gaya dada atau gaya bebas.

3.   Renang Gaya Punggung
Renang Gaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air.
renang gaya punggung

Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air.

Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh.

Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung.

Sewaktu berenang gaya punggung, posisi wajah berada di atas air sehingga perenang hanya melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan.

Sewaktu berlomba, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan.

Berbeda dari sikap start perenang gaya bebas, gaya dada, atau gaya kupu-kupu yang dilakukan di atas balok start, perenang gaya punggung sewaktu berlomba melakukan start dari dalam kolam.

Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan.

Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan, sementara kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam.

Gaya punggung adalah gaya renang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Pertama kali dipertandingkan di Olimpiade Paris 1900, gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang dipertandingkan setelah gaya bebas.

4.   Renang Gaya Kupu-Kupu
Renang gaya kupu-kupu dikenal juga sebagai butterfly stroke, namun karena gerakan kakinya yang mirip lumba-lumba, maka renang gaya kupu-kupu juga disebut dengan gaya lumba-lumba atau dolphine.
renang gaya kupu-kupu

Gaya renang ini merupakan turunan dari gaya dada/gaya katak. Dengan posisi dada menghadap ke bawah, kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah, lalu ke belakang, dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan di atas permukaan air.

Pada saat tarikan tangan ke belakang, kedua belah kaki secara bersamaan menekan ke bawah.

Gerakan kaki dan tangan ini dilakukan untuk mendorong badan bergerak ke depan (atau ke atas permukaan air untuk mengambil nafas).

Pada saat kepala masuk kembali ke dalam air, tangan mengikuti masuk, dan kaki kembali menekan ke bawah.

Gerakan kaki naik-turun menyerupai gerakan sirip ekor lumba-lumba. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.

Gerakan tampak atas. Berbeda dari gaya renang lainnya yang umumnya mudah dikuasai, perenang pemula memerlukan waktu lebih lama untuk mempelajari koordinasi gerakan tangan dan kaki dalam gaya kupu-kupu.

Sebagian besar pemula juga menganggap gaya kupu-kupu sebagai gaya tersulit untuk dipelajari.

Dibandingkan ketiga gaya berenang lainnya, teknik gerakan yang buruk dalam gaya kupu-kupu tidak dapat ditutupi dengan besarnya tenaga yang dikeluarkan perenang.


C.  Perlengkapan Renang
Perlengkapan renang antara lain :
1.   Kaca Mata Renang
Dalam olahraga renang kacamata memang sangat penting digunakan agar mata tidak terasa perih dan menimbulkan iritasi pada saat berenang didalam air.

Selain itu juga dengan leluasa melihat garis didasar kolam agar saat berenang bisa lurus.Bagi yang penglihatannya minus,sekarang sudah ada kacamata renang khusus minus.

2.   Baju Renang
Sekarang banyak sekali model baju renang yang dijual dipasaran. Ada yang model sexi , dan ada yang model rapat,dan ada juga untuk anak kecil maupun bayi.

Pakaian renang sudah didesain sedemikian rupa untuk mempermudah melakukan gerakan dengan nyaman.

Bagi yang sedang hamil harus memakai pakaian renang khusus hamil.

3.   Celanan Renang
Celana renang khususnya untuk pria pada saat renang harus menggunakan celana renang, karena dengan menggunakan celana renang tidak akan menggangu pergerakan anda.

4.   Kaki Katak
Kaki katak adalah salah satu alat bantu yang dipakai dibagian kaki.Pada saat melakukan gaya renang bebas,pastinya akan melaju lebih cepat dengan menggunakan kaki katak.

5.   Ban
Ban biasanya banyak digunakan oelh anak-anak untuk berenang,selain itu ban juga bisa untuk membantu mengapung diair dan sebagai alat penolong.

6.   Hand Paddle
Kegunaan Hand Paddle untuk melatih dan memperkuat tangan,dan biasanya digunakan untuk renang gaya bebas.

Cara memakainya dengan memasukkan telapak tangan kedalam hand paddle dan mulailah segera untuk berenang.

7.   Pull Boy
Alat ini biasanya dipakai untuk belajar gaya kupu-kupu yang berfungsi untuk membantu kaki yang sering tenggelam ketika kita baru belajar gaya kupu-kupu.

Dengan menggunakan alat ini kaki bisa terangkat keatas.Cara menggunakanya dengan menjepit pull boy pada paha dan mulailah berlatih gerakan gaya kupu-kupu

8.   Papan Pelampung
Papan pelampung ini biasanya digunakan para pemula untuk belajar mengapung dan meluncur.

Selain itu juga digunakan untuk belajar gerakan kaki gaya katak maupun gaya bebas.

9.   Penutup Kepala
Kegunaan tutup kepala pada olahraga renang untuk melindungi rambut dari air kolam renang yang kurang sehat.

Khususnya bagi yang mempunyai rambut yang panjang dengan menggunakan penututp kepala rambut tidak akan mengganggu saat melakukan pergerakan renang.

D.  Manfaat Renang

1.   Mengurangi Resiko Arthritis
Arthritis merupakan peradangan menyakitkan pada sendi yang mengakibatkan kekakuan sendi.

Renang merupakan olehraga yang paling dianjurkan untuk mengurangi resiko Arthritis.

Hal ini karena renang merupakan olahraga yang menggerakkan semua bagian tubuh namun tidak terlalu memberi beban dan ketegangan pada sendi.

Pada saat berenang berat beban anda akan menjadi ringan daripada saat tidak berada di dalam air.

Rheumatoid Arthritis merupakan salah satu tipe Arthritis yang memerlukan terapi renang untuk mengurangi rasa sakit pada sendi.

Para ahli lebih menganjurkan penderita Rheumatoid Arthritis untuk rutin berenang daripada harus mengonsumsi obat-obatan.

2.   Bisa Memiliki Umur Panjang
Menurut studi yang dilakukan oleh University of South Carolina, orang yang rutin berenang setiap hari memiliki kecenderungan lebih sehat dan tingkat kematiannya lebih rendah 50% dibandingkan orang yang tidak berenang.

Hal lain yang bisa menjadi bukti ini adalah adanya kelas renang di United States Masters Swimming untuk kategori umur 100-104 tahun, sungguh luar biasa.

3.   Kebugaran Jantung
Olahraga renang juga berfungsi untuk melatih kekuatan jantung, Renang membantu melancarkan sirkulasi jantung saat memompa darah dan mengirimkannya keseluruh bagian tubuh.

Olahraga ini merupakan aerobik untuk melatih kardiovaskular. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang rutin latihan renang selama 12 minggu memiliki peningkatan pada jumlah darah yang dipompa / stroke valume sebesar 18 %.

4.   Membentuk dan Menguatkan Otot
Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya adalah menguatkan otot otot triceps (otot yang terletak dibagian belakang lengan).

Peningkatan massa oto triceps ini bisa mencapai 23,8% bila rutin berenang dalam delapan minggu atau lebih.

5.   Melatih Keseimbangan dan Kelenturan
Dengan berenang berarti melatih kelenturan otot kaki dan tangan, bisa jugga mencoba beberapa gaya renang dengan resiko yang tidak terlalu tinggi dibandingkan olahraga lain.

Keseimbangan juga merupakan manfaat yang diperoleh dari hasil latihan rutin.

Orang yang rutin berenang pasti akan memiliki keseimbangan yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak berenang.

6.   Menjaga Berat Badan
Renang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga cukup ampuh untuk menjaga berat badan ideal.

Cukup dengan berenang selama satu jam bisa membakar 100 – 200 kalori, tentu saja dengan pertimbangan seberapa efisien cara berenang yang dilakukan.

Kalori yang dibakar tergantung dengan rutinitas latihan, semakin rutin maka renang bisa membakar kalori lebih baik dibandingkan dengan olahraga lain seperti bersepeda.

7.   Relaksasi
Jika merasa jenuh atau stress dengan rutinitas kerja , coba berenang di kolam dan nikmati waktu santai untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.

Ketenangan air cukup bagus untuk kesehatan mental anda apalagi ketika mulai menggerakkan tubuh untuk melepaskan tegangan otot atau sendi, badan akan merasa lebih fit dan bugar kembali.

Usahakan untuk berenang di kolam yang tidak terlalu ramai agar relaksasi berjalan dengan sempurna.

8.   Mengurangi Resiko Asma
Manfaat renang bagi tubuh yang lain adalah mengurangi resiko asma, hal ini dikarenakan renang sangat membantu dalam melatih pernapasan sehingga paru-paru menjadi lebih sehat dan melatih pernapasan lebih teratur.

Salah satu olahraga yang dapat melatih pernafasan dan memperkuat nafas adalah berenang.

Olah raga air seperti berenang membutuhkan pernafasan yang kuat agar mampu menyelam dalam waktu yang lama.

Sistem kerja pernafasan secara sendirinya akan terlatih menjadi lebih panjang saat berenang.

Gerakan pada berenang ini juga meliputi seluruh otot anggota gerak tubuh jadi berenang secara teratur dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru menjadi lebih lancar yang penting untuk memberikan pernafasan lebih panjang.

10.       Meninggikan Badan
Salah satu tips yang paling penting dalam upaya anda meninggikan badan adalah dengan berenang.

Selain basket, berenang adalah salah satu jenis olahraga yang paling efektif untuk membuat badan anda lebih tinggi dibandingkan dengan olahraga lainnya.

Dari berbagai penelitian renang menempati urutan teratas dalam upaya memberikan tinggi badan yang optimal.

11.       Bentuk Tubuh Ideal
Berenang sangat efektif dalam membentuk tubuh yang ideal terutama Bisep.

Berenang juga memungkinkan semua anggota tubuh bergerak dengan sempurna, dengan berenang maka bisep akan terbentuk lebih sempurna.

Tentu otot di bagian tangan dan kaki juga akan terbentuk secara alami.

12.       Menurunkan Berat Badan
Berenang adalah olahraga yang paling efektif untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh, dengan rutin berenang maka dapat menurunkan berat badan dengan mudah.

Setidaknya telah banyak masyarakat dan individu yang memanfaatkan berenang untuk menurunkan berat badan dalam tubuhnya dan hasilnya sangat efektif.

13.       Menurunkan Risiko Terkena Diabetes
Berenang juga sangat efektif untuk menghindari dari terkena diabetes, olahraga ini sangat efektif untuk menurunkan dan membakar kalori dan lemak serta gula dalam darah agar anda terbebas dari diabetes.

14.       Alternatif Terapi Ketika Cidera
Banyak atlet yang cidera diminta untuk menjalankan terapi berenang untuk mempercepat penyembuhan cidera yang mereka alami.

Tentu anjuran ini harus berdasarkan dari permintaan dari terapist dan tidak boleh dilakukan tanpa pengawasan ahli.
Rehabilitasi dengan berenang dalam menyembuhkan cidera sudah banyak dilakukan berbagai atlet sepak bola, basket, hingga atlet badminton.

15.       Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh
Berenang akan melatih pergerakan kaki, tangan, kepala, dan seluruh anggota tubuh lainnya.

Orang yang rajin berenang akan memiliki tubuh yang lebih fleksibel untuk berbagai gerakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar