Senin, 11 Desember 2023

CASH REGISTER ELEKTRONIK

 

cash register elektronik


Cash Register Elektronik adalah mesin hitung dengan menggunakan aliran listrik dan cara kerja nya pada bagian pencetakan secara mekanik.

Cash Register merupakan suatu alat bantu untuk memudahkan Anda dalam mengelola suatu toko, mini market, bahkan super market sekalipun.

Hal tersebut dikarenakan cash register ini dilengkapi dengan beberapa departementasi (pengelompokkan barang sesuai dengan jenisnya), serta dilengkapi lagi dengan fasilitas PLU (price look up), yaitu fasilitas sub-departemen di mana anda bisa memprogramkan jenis barang yang ada di toko untuk dimasukkan ke dalam Program Departemen atau Sub Departemen.

Terdapat dua jenis Cash Register, yakni tipe pertama adalah Cash Register sederhana yang memiliki fasilitas sama dengan mesin hitung tetapi bisa mencetak hasil hitungannya pada kertas, dan tipe kedua adalah Cash Register standard yang memiliki fasilitas lebih lengkap di antaranya memiliki departemen dan Price Lok Up yang bisa digunakan untuk mengelompokkan barang berikut harganya berdasarkan jenis-jenis barang yang ada di toko.

Mesin Cash Register tipe standar ini harganya lebih mahal dibandingkan yang sederhana, namun dapat digunakan untuk memprogram nama toko, departemen, Program Price Look Up dan sekaligus juga program Harga.

Di Indonesia, ada beberapa merk mesin Cash Register  yang beredar di pasaran, beberapa merk yang didukung layanan purna beli (after sales service) yang baik, di antaranya merk-merk SHARP, NCR, CASIO, SANYO, TOSHIBA, NEC, dan SONY.

 

6 Merk Cash Register Elektronik Terbaik Untuk Usaha

Ada banyak cash register elektronik di pasar dan mungkin sulit bagi Anda untuk memilih yang terbaik atau memilih cash register elektronik yang bisa memenuhi semua kebutuhan Anda. Ini terutama terjadi jika Anda belum pernah membeli atau menggunakan cash register elektronik sebelumnya.

Dengan demikian, Anda memerlukan panduan untuk membeli cash register elektronik dan perlengkapan lain yang harus Anda perhatikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagi Anda yang bingung mau membeli produk cash register elektronik seperti apa, beberapa merk cash register elektronik berikut ini bisa jadi pertimbangan:

1.   Casio PCR-T273

Casio adalah perusahaan terkenal, memproduksi berbagai macam barang rumah dan kantor berkualitas untuk membuat kehidupan sehari-hari orang menjadi lebih mudah dan produktif. Contoh dari barang tersebut adalah register kas elektronik mereka.

PCR-T273 Casio adalah salah satu mesin kasir terbaik untuk bisnis kecil, menggabungkan model dengan fungsi dalam mesin kasir yang dirancang dengan baik yang menyeimbangkan kinerja dengan biaya.

casio pcr t273


Selain menggunakan listrik, mesin kasir ini juga menggunakan baterai, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ada pemadaman listrik. Juga, dengan mesin kasir Casio T-273, Anda tidak akan kehilangan transaksi Anda karena mesin ini akan membuat cadangan setiap transaksi yang telah Anda lakukan.

Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan baterai baru di sistem Anda. Selain itu, jika Anda tidak terlalu mahir dalam matematika, jangan khawatir tentang berapa banyak perubahan untuk memberi pelanggan Anda karena Casio T-273 akan menghitung perubahan yang seharusnya Anda berikan kepada pelanggan ketika Anda subtotal dan masukkan jumlah yang ditransaksikan.

Fitur unik lain dari mesin kasir ini adalah Anda dapat memasukkan nama toko dan nomor telepon Anda pada kuitansi jika diinginkan. Ini juga memungkinkan Anda untuk memiliki catatan yang sangat baik dari semua transaksi harian Anda.

Mesin ini juga memiliki satu printer pita tunggal, menyediakan tanda terima yang diberikan kepada pelanggan dan Anda dapat menyimpan catatan transaksi menggunakan pita jurnal yang dicetak dengan keras.

Selain itu, Casio T-273 memiliki layar LCD besar di bagian depan dan belakang, yang memungkinkan pelanggan untuk juga melihat harga yang dimasukkan operator pada mesin.

Bagian bawah memiliki laci uang logam dengan 4 laci untuk berkas tagihan dan 5 untuk koin. Laci ini dapat dikunci dengan kunci.

 

2.   Royal TS1200MW

Royal TS1200MW adalah salah satu register kas elektronik terbaik karena dirancang untuk membuat pekerjaan Anda jadi lebih mudah, sehingga Anda dapat berkonsentrasi menjalankan bisnis Anda.

Ini adalah layar sentuh dan sebagian besar fungsinya dijalankan dengan menyentuh tombol kanan pada layarnya. Selain itu, menu ini mudah dinavigasi dan juga memandu Anda melalui tugas apa pun yang ingin Anda lakukan.

royal ts1200mw


Mesin kasir elektronik sederhana ini dilengkapi dengan jurnal internal yang memberikan informasi tentang tanggal dan setiap detail data yang disimpan.

Fitur lain yang menarik dari mesin kasir ini adalah bahwa ia dapat menghitung setidaknya 4 tarif pajak secara otomatis, termasuk add-on. Layar sentuh LCD-nya berwarna dan lebar 12 inci.

Selain itu, mesin kasir ini memungkinkan Anda untuk memprogram yang berguna untuk penjualan yang luar biasa cepat. Untuk menjaga agar tidak menjual barang-barang terlarang misal seperti alkohol kepada pelanggan di bawah umur.

Royal TS 1200MW dilengkapi perangkat penjualan untuk memverifikasi usia pelanggan melalui ID mereka. Selain itu, mesin juga melindungi memori yang tersimpan dengan bantuan baterai isi ulang internal.

 

3.   Beepos Mesin Kasir Android

Mesin Kasir Android ini didesain untuk keamanan dan kecepatan. Sehingga tidak rawan kebocoran di kasir. Aman dari manipulasi data, bisa kontrol banyak cabang dengan mudah, bisnis anda akan menyenangkan dan profitable.

Software minimarket ini sangat cocok bagi anda yang memiliki usaha dibidang minimarket agar keuangan anda bisa tetap terkendali dan sehat.

Selanjutnya, Anda dapat memprogram tanda terima untuk menulis hingga empat baris dengan logo perusahaan Anda di atasnya. Karena itu, Anda dapat menambahkan promo, terima kasih, dan menyimpan informasi.

 

beepos android

4.   Sharp XEA407 Advanced

Jika bisnis Anda membutuhkan mesin kasir dengan fungsi yang lebih canggih, maka Sharp XEA407 sangat cocok untuk Anda. Sebenarnya, ini adalah salah satu mesin kasir terbaik yang tersedia saat ini.

Salah satu fitur yang luar biasa adalah sistem pelaporan penjualan canggih yang secara khusus dibuat untuk digunakan dengan aplikasi akuntansi terkenal, QuickBooks Pro.

sharp xea 407


Selain itu, ia memiliki dua layar besar, satu di depan petugas penjualan dan yang lainnya di belakang untuk pelanggan. Yang penting juga adalah kemampuan mesin ini untuk mencetak 2 salinan kwitansi, masing-masing untuk pelanggan dan petugas penjualan sebagai rekapan (arsip).

Mesin kasir ini mudah digunakan karena Anda dapat membedakan jenis produk yang Anda miliki dengan memanfaatkan 99 departemen yang telah diprogram sebelumnya dan untuk membuat entri yang cepat dan akurat, gunakan 7000 PLU.

Selain itu, mesin ini memiliki slot untuk kartu SD di mana Anda dapat memprogram toko Anda dengan bantuan perangkat lunak PC-link. Mesin kasir ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan logo dan informasi lain yang Anda inginkan pada kwitansi Anda dengan pembuat logo grafis yang intuitif.

Selain itu, Anda dapat mengatur dan mulai menggunakan mesin ini dalam hitungan menit. Sharp XEA 407 juga memungkinkan Anda untuk menghubungkan terminal kartu kredit secara langsung.

Dengan melakukan hal itu, total harga secara otomatis mengirim mesin ke kartu kredit dan ketika sudah disetujui laci uang akan terbuka. Selain itu, ia dilengkapi dengan baterai cadangan untuk memastikan bahwa mesin terus berjalan dan informasi Anda aman jika listrik padam.

 

5.   Casio SE-G1SC-PK

Jika Anda ingin mendapatkan mesin kasir terbaik dengan harga terjangkau, Casio SE-G1SC sangat cocok untuk Anda. Ini tidak secanggih yang lain dalam daftar ini, tetapi sangat kompak, memiliki laci multi-guna, tampilan besar dan mudah terlihat serta 8 kunci laci.

Juga, memiliki layar tampilan di bagian belakang untuk pelanggan untuk mengkonfirmasi transaksi akhir. Selain itu, ia memiliki printer cetak yang memberikan operasi cepat dan mulus, selain memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pesan pada header tanda terima.

casio se-g1sc


Mesin kasir ini memiliki baterai cadangan yang dapat Anda gunakan jika ada pemadaman listrik; ini memastikan bahwa pengaturan dan data Anda tidak akan hilang.

Selain fakta bahwa itu mudah digunakan, juga mudah diatur karena mesin mencetak instruksi tentang cara menggunakannya ketika Anda selesai mengaturnya.

Casio SE-GISC hadir dalam tiga warna: merah muda, merah dan biru. Ini berarti Anda dapat membeli warna yang sesuai dengan interior toko Anda.

 

6.   Casio PCR-T500

Casio telah mendapatkan reputasi untuk produk-produk inovatifnya yang bertujuan membuat hidup lebih mudah bagi para pelanggannya. Inilah sebabnya mengapa PCR-T500 adalah salah satu mesin kasir terbaik dalam hal kinerja, fitur, dan biaya.

Layar LCD-nya menampilkan hingga 10 baris yang membuatnya mudah untuk memasukkan detail transaksi yang lebih panjang dengan lebih sedikit kesalahan.

Bahkan, petugas kasir penjualan dapat melihat hingga 5 item bersama dengan subtotal serta harga item terakhir. Di bagian belakang mesin, ada layar tampilan 2 X 2 bagi pelanggan untuk mengkonfirmasi transaksi (subtotal, nama item terakhir dan harga).

 

casio pcr t500

 

 

Kemampuan Cash Register Elektronik

Adapun kemampuan Cash Register Elektronik adalah:

1.   Penjumlahan penjualan/penerimaan cash.

2.   Pengurangan penjualan kredit/hutang.

3.   Penghitungan prosen.

4.   Pembatalan/penghapusan.

5.   Pencatatan persediaan uang kas.

6.   Pencatatan pengeluaran uang kas.

7.   Pencatatan nomor bon/transaksi pada kertas bon.

8.   Pencatatan penjualan dengan diskon.

 

Kelebihan Cash Register Elektronik

Mengaplikasikan cash register elektronik memiliki banyak sekali manfaat jangka panjang, seperti menyediakan sejumlah layanan yang berguna di berbagai bisnis penjualan. Berikut beberapa kelebihan cash register elektronik yang perlu diketahui:

1.   Keamanan Yang Terjamin

Cash register elektronik dapat meningkatkan keamanan toko. Hal ini karena, laci uang tunai akan dikunci dengan aman sampai transaksi penjualan tersebut selesai dilakukan.

Setelah itu, laci kas akan dibuka sehingga petugas penjualan dapat menambahkan uang / voucher dan juga perubahan akses untuk pelanggan dengan aman.

Selain itu, mesin ini juga  akan mengurangi kemungkinan terjadinya pencurian atau penggelapan uang pada bisnis. Setiap transaksi dicatat sepenuhnya menurut waktu, tanggal dan juga siapa petugas penjualan yang mengoperasikan mesin tersebut.

Petugas penjualan senior juga dapat diberikan kode atau kode akses pengganti ketika mereka membutuhkan akses ke laci penjualan seandainya pengembalian uang harus diberikan atau ketika pelanggan
telah menerima jumlah uang kembalian yang salah.

 

2.   Metode Pembayaran Yang Bervariasi

Cash register elektronik dapat  diintegrasikan dengan credit card readers (mesin pembaca kartu kredit) sehingga hal ini memungkinkan menerima pembayaran kartu kredit secara  instan yang dapat diproses secara aman melalui pembaca PIN.

Selain itu, dapat menerima pembayaran uang tunai, cek, voucher, dan metode pembayaran lainnya. Ini akan memungkinkan untuk menyediakan berbagai pilihan pembayaran yang baik bagi pelanggan.

 

3.   Laporan Audit

Cash register elektronik akan mencatat informasi yang rinci setiap transaksi penjualan bisnis . Hal ini tidak hanya memberi kemudahan untuk mengelola jumlah stok yang ada tetapi juga akan memberi  laporan audit yang jelas.

 

Jenis - Jenis Kunci Cash Register Elekronik

Berikut kunci yang ada pada cash register elektronik pada umumnya:

1.   OP (Operator) : Fungsi kunci ini hanya dapat membuka dari OFF s.d. X. kunci ini dipegang oleh kasir untuk bekerja (Registration).

2.   SM (Semi Master) : Fungsi kunci ini dapat dipakai dari PGM s.d. X1/Z1.Kunci ini dipegang oleh Supervisor toko.

3.   MA (Master) : fungsi kunci ini dapat membuka PGM s.d. X1/Z1, Kunci ini dipegang oleh pemilik (Owner).

 

Posisi Kunci Cash Register Elektronik

1.   PGM (Program) : Dipakai untuk membuat program.

2.   ~ (Void) : dipakai untuk pembatalan transaksi.

3.   (Off) : dipakai untuk mematikan mesin.

4.   REG (Registrasi) : dipakai untuk siap beroperasi.

5.   X : dipakai mengetahui total sementara.

6.   X1/Z1 : dipakai untuk mengetahui total akhir hari (tutup buku).

7.   X2/Z2 : dipakai untuk mengetahui total akhir perminggu/per bulan.

 

Tombol Paper Feed/Tombol Bantu Cash Register Elektronik

1.   Receipt : dipakai untuk memasang/menjalankan kertas receipt.

2.   Journal : dipakai untuk memasang/menjalankan kertas journal.

 

Macam - Macam Tombol Cash Register Elektronik

1.   VP (validasi print) = pencetakan validasi.

2.   NS (no sale) = membuka laci tanpa ada penjualan.

3.   PO (paid out) = pengeluaran uang/biaya dari kasir.

4.   RA (received on account) = memasukkan/mencatat modal awal pada mesin.

5.   RF (refund) = pembatalan transaksi.

6.   ~ (void) = pembatalan/penghapusan transaksi

7.   CL (clear) = pembatalan/penghapusan transaksi.

8.   X = tombol perkalian.

 

Persiapan Sebelum Mengoperasikan Cash Register Elektronik

1.   Mencocokkan tanggal/ Membuat tanggal.

2.   Membuat Jam

3.   Membuat Nomor Kode Mesin

4.   Membuat Nomor Urut Transaksi/Nomor start (4 angka)

Setelah empat langkah tersebut dilakukan maka mesin siap di pakai dan agar mesin siap di pakai kunci selalu ada pada REG (registration).

 

Cara Pengoperasian Cash Register Elektronik

Ada  2 cara pengoperasian CRE:

1.   Cara Departemen, terdiri dari Departemen Terbuka dan Departemen Tertutup

2.   Cara PLU, terdiri dari Sub PLU (PLU terbuka) dan PU tertutup.

 

Latihan Menggunakan Cash Register Elektronik

1.   Penjualan/Penerimaan Cash (TL)

Alat     : cash register elektronik.

Materi  :

Rp 5.000 departemen 1, ditambah

Rp 15.000 departemen 2, ditambah

Rp 2.500 departemen 3.

Bagaimana pengoperasiannya bila dibayar dengan uang pas, serta bila dibayar dengan uang lebih.?

 

Langkah kerja:

1)   Kunci mesin di Reg atau OP.

2)   Tekan 5000, tekan departemen 1.

3)   Tekan 15000, tekan departemen 2.

4)   Tekan 2500, tekan departemen 3

5)   Tekan Sub Total (ST).

6)   Jika dibayar dengan  uang pas, maka tekan Total (TL).

7)   Jika dibayar denga uang lebih, misalnya Rp 25.000, maka tekan 25000 kemudian tekan Total (TL).

 

2.   Penjualan Kredit/Hutang (CR)

Alat     : cash register elektronik.

Materi  :

Rp 12.000, departemen 5

Rp 25.000, departemen 8

Rp 7.000, departemen 9, dibayar dengan kredit (hutang).

 

Langkah kerja:

1)   Tekan 12000, tekan departemen 5.

2)   Tekan 25000, tekan departemen 8.

3)   Tekan 7000, tekan departemen 9

4)   Tekan ST.

5)   Tekan CR.

 

3.   Penjualan Dengan Menggunakan Cek/Cheque

Alat dan materi sama dengan sebelumnya (di atas).

Langkah kerja:

1)   Langkah kerja no 1 sampai dengan 4 sama seperti di atas.

2)   Setelah menekan ST, tekan CH

 

4.   Penjualan Dengan Diskon Harga (Pada Sub Total)

Alat    : cash register elektronik.

Materi  :

Hasil penjualan Rp 100.000,departemen 2 mendapat diskon Rp 500,-  Dibayar dengan uang pas.

 

Langkah kerja:

1)   Tekan 100 000, departemen 2.

2)   Tekan ST.

3)   Tekan 500.

4)   Tekan – kemudian tekan ST kembali.

5)   Tekan TL.

 

5.   Penjualan Dengan Diskon Harga (Pada Item)

Alat    : cash register elektronik.

Materi  : Rp 100.000,departemen 2 mendapat diskon Rp 500,-

             

Langkah kerja:

1)   Tekan 100 000, departemen 2.

2)   Tekan 500.

3)   Tekan –

 

6.   Penjualan Dengan Diskon Dalam Persen (%) (pada Sub Total)

Alat serta materi sama dengan diatas (pada penjualan dengan diskon harga).

 

Langkah kerja:

1)   Tekan 100 000, departemen 2.

2)   Tekan ST. Tekan angka persentase, tekan % (tombol 2%)

3)   Tekan ST.

4)   Tekan TL.

 

7.   Penjualan Dengan Diskon Item Dalam Persen (%)

Alat serta materi sama dengan diatas (pada penjualan dengan diskon harga).

 

Langkah kerja:

1)   Tekan 100 000, departemen 2.

2)   Tekan angka persentase, tekan % ( tombol 1%)

 

8.   Pembatalan/Penghapusan Kesalahan

a.   Jika kesalahan terjadi sebelum tombol departemen ditekan, maka gunakan tombol clear/CL.

Materi  : 1000 ….. salah, seharusnya 1500.

 

Langkah kerja :

1)   Tekan 1000, langsung tekan clear (CL/C).

2)   Ulangi dengan yang benar.

 

b.   Jika kesalahan terjadi setelah tombol departemen di tekan, maka gunakan tombol void (~).

 

Materi  a

1000 departemen 1

2000 departemen 2

3000 departemen 3 …. Salah item terakhir, seharusnya 2500.

 

Langkah kerja :

1)   Tekan 1000, tekan departemen 1                     

2)   Tekan 2000, tekan departemen 2.

3)   Tekan 3000, tekan departemen 3 (tapi salah).

4)   Tekan void (~).

5)   Tekan 2500, tekan departemen 3.

6)   Lanjutkan kembali hingga selesai.

 

Membetulkan materi a

1)   Tekan 2000, tekan void, tekan departemen 2

2)   Tekan 500, tekan departemen 2.

3)   Lanjutkan kembali hingga selesai.

 

Materi b

1000 departemen 1

2000 departemen 2 …. Salah, seharusnya 500 (bukan item akhir)

3000 departemen 3.

 

Langkah kerja 

1)   Tekan 1000, tekan departemen 1

2)   Tekan 2000, tekan departemen 2 … (salah, seharusnya 500)

3)   Tekan 3000, tekan departemen 3.

      

c.   Jika kesalahan/pembatalan setelah menekan tombol ST, maka transaksi yang telah dilakukan dibatalkan seluruhnya, kemudian diganti dengan yang baru.

 

Materi :

1000 departemen 1.

2000 departemen 2.

ST sudah ditekan, tetapi ada pembatalan/kesalahan.

 

Langkah kerja :

1)   Tekan 1000,tekan void (~), tekan departemen 1.

2)   Tekan 2000, tekan void (~), tekan departemen 2.

3)   Kemudian ganti dengan yang baru dan selesaikan.

 

 

9.   Mencatat Modal (Persediaan Uang Kas)

Dengan menggunakan tombol RA.

Materi : Modal yang ada di laci Rp 500.000,-

 

Langkah kerja :

1)   Tekan angka 500 000

2)   Tekan RA.

3)   Tekan TL.

 

10.       Mencatat Pengeluaran Uang Dari Kas

Dengan menggunakan tombol PO.

Materi : Beli kertas untuk keperluan kantor Rp 30.000,-

 

Langkah kerja :

1)   Tekan angka 30 000

2)   Tekan PO.

3)   Tekan TL.

 

11.       Membuka Laci Tanpa Transaksi

Dengan menggunakan tombol NS.

Materi : Ada yang akan menukar uang kecil.

 

Langkah kerja :

1)   Tekan NS, maka laci akan membuka.

2)   Tutup kembali laci cash register.

 

Mencatat Nomor Bon Pada Kertas Receipt

Materi : Nota/bon no 10.

 

Langkah kerja :

1)   Tekan 10, tekan # (non adding).

2)   Lanjutkan dengan trnsaksi berikutnya.

 

Membuat Validasi Pada Kertas Receipt

Dengan menggunakan tombol VP.

Materi : Kertas receipt yang telah selesai, dan disobek dari mesin.

 

Langkah kerja :

Setelah transaksi selesai, maka kertas receipt di pasang pada tempatnya, kemudian tekan VP. Yang tercetak pada kertas bon hanya total akhirnya saja, beserta kode tertentu.

 

 

Akhir kata, cash register elektronik merupakan sebuah  alat yang penting dan dapat menunjang performa bisnis.  Selain itu juga dapat memberikan solusi yang aman dan akurat untuk memproses transaksi penjualan pelanggan dan juga mencatat informasi penjualan harian. Oleh karena itu agar mahir menggunakannya dengan memperbanyak latihan menggunakannya.

 

Referensi

https://tatysitilatifah.blogspot.com/2011/07/cash-register-elektronik-pengantar.html

https://suryasemesta.com/kelebihan-mesin-cash-register-elektronik.html

https://latifah0307.blogspot.com/2014/03/mengoperasikan-cash-register-cara.html

https://www.bee.id/blog/5-merk-mesin-kasir-terbaik-untuk-usaha-kecil/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISAH WIRAUSAHA SUKSES

    Di antara makhluk hidup yang di ciptakan Tuhan Yang Maha Esa, manusia merupakan makhluk yang paling sempurna. Manusia membutuhkan peke...