Senin, 04 Desember 2023

JENIS-JENIS BARANG DALAM EKONOMI

 

jenis-jenis barang dalam ekonomi

Untuk memenuhi kebutuhan dan menunjang keberlangsungan hidupnya manusia memerlukan barang atau ada juga yang menyebutnya dengan benda. Dalam ilmu ekonomi barang atau benda yang memenuhi kebutuhan manusia ada beberapa jenis, antara lain :

 

A.  Barang Ekonomi

Barang ekonomi merupakan barang yang bisa memenuhi kebutuhan manusia namun dengan jumlah terbatas. Kata terbatas ini mengacu terhadap jumlah barang lebih sedikit daripada banyaknya jumlah yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Karena keterbatasan ketersediaan barang tersebut menjadikan manusia akan melakukan sebuah pengorbanan untuk bisa mendapatkan barang tersebut. Pengorbanan yang bisa dilakukan untuk mencapai manfaat ekonomi adalah kewajiban untuk mengeluarkan uang, tenaga waktu ataupun pikiran.

Tersedianya barang tersebut didapatkan dengan dua cara yaitu diproduksi oleh tenaga manusia atau memang barang yang disediakan oleh alam dan bisa digunakan secara gratis. Barang ekonomi bisa diperoleh di pasar, toko serba ada ataupun jenis pengecer lainnya.

 

barang ekonomi

Contoh Barang Ekonomi

Penjelasan selanjutnya adalah contoh barang ekonomi. Saat ini banyak contoh barang ataupun jasa yang tergolong dalam jenis barang ekonomi. Bahkan barang ekonomi ini mungkin sudah pernah Anda temukan dengan mudah di lingkungan. Beberapa contoh barang ekonomi adalah sebagai berikut ini.

1.   Pakaian

Contoh barang ekonomi yang pertama adalah pakaian. Pakaian merupakan salah satu jenis barang yang memang keberadaanya sangat dibutuhkan oleh manusia. Jumlah dari produk pakaian ini biasanya terbatas.

Selain itu untuk bisa mendapatkan produk pakaian ini memerlukan sebuah pengorbanan dan juga persaingan dengan orang lain. Karena hal tersebutlah menjadikan produk pakaian masuk ke dalam golongan barang ekonomi.

Meski dalam pikiran Anda ada pertanyaan kenapa pakaian yang jumlahnya masih tetap ada termasuk ke dalam golongan barang ekonomi. Balik lagi seperti yang dijelaskan sebelumnya jika dalam ilmu ekonomi, banyak dan sedikit adalah suatu hal yang begitu relatif.

Akan tetapi untuk produk pakaian masuk ke dalam golongan barang ekonomi yang harus ditekankan adalah dari cara produksi dan proses mendapatkannya. Untuk produksi pakaian membutuhkan bahan yang terbatas.

Sedangkan seseorang yang ingin mendapatkan pakaian juga memerlukan pengorbanan seperti bahan, uang, tenaga, waktu bahkan persaingan dengan orang lain yang sama-sama menginginkan produk pakaian tersebut. Maka dari itu produk pakaian termasuk ke dalam golongan barang ekonomi.

 

2.   Makanan atau Minuman

Makanan dan minuman masuk ke dalam kategori barang ekonomi karena dilihat dari proses mendapatkannya. Manusia membutuhkan usaha tertentu untuk bisa mendapatkan makanan dan minuman.

Beberapa pengorbanan yang dilakukan oleh manusia dalam mendapatkan makanan dan minuman adalah melakukan proses pembelian dengan mengeluarkan uang. Lalu manusia juga harus melakukan proses pengolahan dan juga mencari bahan baku makanan dan minuman tersebut.

 

3.   Tempat Tinggal

Tempat tinggal layak huni yang memiliki jumlah terbatas menjadikannya masuk ke dalam kategori barang ekonomi. Selain itu untuk proses mendapatkan tempat tinggal juga sudah menjadikannya masuk ke dalam kategori barang ekonomi.

Alasannya manusia harus melakukan usaha tertentu untuk bisa mendapatkan tempat tinggal seperti mengeluarkan uang. Tempat tinggal yang dimaksud di sini bisa tempat tinggal tetap milik pribadi ataupun tempat tinggal sementara seperti tempat kos atau rumah kontrakan.

Untuk bisa mendapatkan tempat tinggal tetap milik pribadi seseorang harus bisa mengeluarkan sejumlah uang tertentu, bahan bangunan seperti kayu, semen, pasir dan lainnya jika memang harus membangunnya dari nol.

Lalu untuk rumah sementara seperti kos atau kontrakan juga membutuhkan uang agar bisa menempatinya. Karena menggunakan biaya-biaya tersebut menjadikan tempat tinggal masuk ke dalam kategori barang ekonomis.

 

4.   Jasa Kesehatan

Jika sebelumnya banyak dijelaskan contoh barang ekonomi dalam bentuk barang atau produk fisik. Maka contoh berikutnya adalah dalam bentuk jasa. Sebagai contohnya adalah jasa kesehatan atau jasa dokter.

Hal ini bisa dilihat dari jumlah dokter praktik yang ada saat ini sangat terbatas. Sehingga untuk menggunakan jasa mereka memerlukan usaha tertentu seperti mengantri dan juga mengeluarkan biaya khusus.

Lalu untuk menjadi seorang dokter juga membutuhkan usaha dan pengorbanan yang tak sedikit seperti biaya yang dikeluarkan, waktu, pemikiran untuk bisa mendapatkan keahlian dan juga gelar dokter.

Sampai saat ini sebenarnya bukan hanya jasa dokter saja yang termasuk ke dalam barang ekonomi. Namun banyak jasa-jasa lain yang juga masuk ke dalam kategori barang ekonomi.

Hal ini karena ketika seseorang membutuhkan bantuan sebuah jasa. Maka mereka harus mengeluarkan usaha atau pengorbanan tertentu seperti mengeluarkan biaya.

 

B.  Barang Bebas

Secara umum barang bebas adalah suatu barang yang bisa didapatkan oleh manusia tanpa perlu menggunakan usaha atau pengorbanan tertentu.

Hal ini karena barang bebas memiliki jumlah yang tak terbatas dan telah disediakan oleh alam dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan jumlah kebutuhan manusia.

Contoh paling mudah dari barang bebas adalah udara atau oksigen. Manusia membutuhkan udara atau oksigen untuk bisa bertahan hidup. Dalam proses mendapatkannya, manusia tidak perlu melakukan usaha ataupun pengorbanan tertentu.

 

barang bebas

Benda bebas bisa menjadi benda ekonomi

Tidak selamanya benda bebas tetap menjadi bebas atau gratis. Ada kalanya status mereka berubah menjadi benda ekonomi. Contoh sederhananya adalah benda bebas tersebut dimasukkan ke dalam beberapa alur ekonomi yang menimbulkan biaya, misalnya produksi, distribusi, kepemilikan, penjualan, dan seterusnya.

Oksigen bisa kita nikmati secara bebas di alam. Namun, dalam beberapa kasus, oksigen yang ada di dunia medis dan industri sudah diklasifikasikan sebagai benda ekonomi.

Begitu juga dengan hasil Bumi di alam, misalnya sayuran, buah-buahan, dan air. Jika benda-benda tersebut sudah diolah secara ekonomis, akan ada biaya tertentu yang wajib kita bayar untuk mendapatkannya.

 

 Perbedaan Barang Ekonomi Dan Barang Bebas

Berikut adalah beberapa perbedaan dari barang ekonomi dan barang bebas ditinjau dari berbagai aspek :

1.   Kuantitas Barang

Perbedaan yang pertama dari barang ekonomi dan barang bebas adalah terletak pada kuantitas barang tersebut. Barang ekonomi memiliki jumlah yang begitu terbatas. Sedangkan untuk barang bebas memiliki jumlah tak terbatas.

Jumlah barang yang terbatas tersebut juga bisa disebut dengan kelangkaan barang. Dari hal tersebut bisa ditarik kesimpulan jika barang ekonomi memiliki jumlah yang sedikit atau lebih terbatas.

Namun untuk jumlah sedikit ini masih terbilang cukup relatif atau membutuhkan suatu pembanding. Perbandingan akan keterbatasan barang adalah dari jumlah kebutuhan manusia terkait dengan barang tersebut.

Bisa dibilang jika kebutuhan manusia memiliki jumlah yang terbatas. Maka dari itu selama suatu ketersediaan barang mampu memenuhi kebutuhan manusia yang tak terbatas tersebut. Bisa diartikan jika barang tersebut adalah barang bebas.

Dan begitupun sebaliknya jika suatu barang tidak dapat memenuhi kebutuhan manusia yang tak terbatas. Maka barang tersebut masuk ke dalam kategori barang ekonomi.

 

2.   Proses Produksi

Perbedaan yang kedua antara barang ekonomi dan barang bebas adalah terletak pada proses produksi. Barang ekonomi membutuhkan usaha tertentu untuk proses mendapatkannya atau proses produksi.

Adanya faktor memerlukan usaha dalam mendapatkannya menjadikan barang ekonomi tidak diproduksi secara masal dalam jumlah yang tak terbatas.

Dalam proses produksinya, barang ekonomi memiliki batasan tersendiri sehingga barang tersebut memiliki jumlah terbatas. Sedangkan untuk barang bebas untuk bisa memanfaatkannya tanpa perlu menggunakan sumber daya ekonomi. Sebagai contoh paling mudah dari barang bebas adalah panas matahari dan udara.

Tak hanya memiliki jumlah tidak terbatas saja. Namun baik sinar matahari maupun udara bisa digunakan oleh manusia tanpa perlu melakukan proses produksi terlebih dahulu.

 

3.   Cara Memperoleh

Perbedaan dari barang ekonomi dan barang bebas yang ketiga dilihat dari cara memperolehnya. Untuk bisa mendapatkan barang bebas tidak memerlukan suatu usaha tertentu.

Sedangkan untuk barang ekonomi memerlukan pengorbanan atau persaingan untuk bisa mendapatkannya. Memiliki jumlah yang tak terbatas adalah faktor yang membuat barang bebas tidak memerlukan usaha khusus untuk bisa didapatkan.

Sebaliknya untuk barang ekonomi yang memiliki jumlah terbatas menjadikannya harus memerlukan sebuah pengorbanan maupun persaingan terlebih dahulu untuk bisa mendapatkannya.

 

 

C.  Barang Illith

Barang illith adalah sejumlah barang yang dapat memenuhi kebutuhan manusia apabila jumlahnya tepat atau sesuai kebutuhan. Sebab, ketika jumlahnya berlebih akan berdampak buruk bagi kehidupan, seperti menyebabkan bencana dan menghilangkan nyawa manusia. Namun, apabila jumlahnya sangat terbatas atau langka akan membuat sengsara dan mengganggu keberlangsungan hidup.

barang illith


Contoh Barang Illith

Beberapa contoh dari barang illith adalah air, api, sinar matahari, udara, dan oksigen, dengan penjelasan sebagai berikut.

1.   Air

Air sebenarnya bisa masuk ke semua kategori barang. Secara alami, air adalah barang bebas. Namun, ketika berupa air bersih PDAM, maka akan menjadi barang ekonomi. Ketika digolongkan sebagai barang illith, hal tersebut dikarenakan penggunaan air yang sebaiknya sesuai kebutuhan.

Air dalam jumlah sedikit atau sesuai kebutuhan akan sangat berguna bagi kehidupan, seperti untuk minum, mencuci pakaian, memasak, bahkan menyiram tanaman. Namun, apabila jumlahnya berlebihan, maka akan menimbulkan bencana, seperti banjir.

Jadi, meski terlihat tenang dan tidak berbahaya, air sebenarnya bisa membawa dampak buruk bagi manusia apabila jumlahnya berlebihan.

 

2.   Api

Api sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak dulu. Di mana api digunakan untuk memasak, menghangatkan badan, hingga menjadi alat penerangan di beberapa daerah yang belum memiliki akses listrik.

Namun, ketika api terlalu besar dapat menyebabkan kebakaran, kerusakan, hingga hilangnya nyawa seseorang. Api yang kecil pun sebaiknya tidak dianggap remeh, karena ketika dibiarkan akan menyebar dan bertambah besar.

 

3.   Sinar Matahari

Selanjutnya, contoh dari barang illith adalah sinar matahari. Sinar matahari merupakan hal yang kita terima setiap harinya. Manfaatnya juga tidak hanya terasa oleh manusia, melainkan juga oleh hewan dan tumbuhan.

Namun, sinar matahari yang berlebih juga dapat menimbulkan bencana dan membahayakan manusia. Sebab, sinar matahari mempengaruhi suhu bumi secara langsung, yang apabila terlalu panas tingkatnya dapat memicu dehidrasi pada manusia hingga meningkatkan resiko kebakaran hutan.

 

4.   Udara

Manusia dapat merasakan udara, namun tidak dapat melihat wujudnya. Udara memberikan tambahan penyejuk bagi manusia. Udara pun dalam kecepatan tertentu digunakan sebagai penggerak kincir untuk membuat energi listrik.

Namun, udara atau angin yang terlalu besar juga akan menyebabkan bencana. Contohnya seperti angin topan dan angin puting beliung yang dapat langsung merusak hal apapun yang dilewatinya. Begitu pun di beberapa daerah, baik di dalam maupun di luar negeri, yang mana terdapat berbagai macam jenis angin dengan tingkat bahaya yang berbeda-beda.

 

5.   Oksigen

Makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bernapas. Sehingga, keberadaan oksigen sangatlah penting dan menjadi dasar untuk dapat bertahan hidup.

Namun, ketika jumlahnya terlalu sedikit atau terlalu banyak, hal tersebut dapat menyebabkan hal yang fatal. Seperti pada manusia, jumlah oksigen yang masuk melalui saluran pernapasan sudah memiliki ukuran yang pas. Namun, ketika jumlah oksigen yang masuk terlalu sedikit atau terlalu banyak, manusia akan mengalami gangguan pernapasan yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

Sama halnya pada makhluk hidup lain, yaitu hewan. Ketika kelebihan oksigen, pertumbuhan hewan seperti serangga menjadi tidak terkontrol, sehingga melahirkan serangga-serangga dengan ukuran lebih besar daripada biasanya.

 

Ciri Benda Illith

Adapun karakteristik yang menjadi bagian daripada ciri khas benda illith antara lain;

1.   Jumlah berlimpah akan membuat celaka

Benda ini merupakan salah satu benda yang kadang membuat manusia harus pintar menggunakannya. Benda ini dalam jumlah  banyak akan memberikan dampak yang buruk untuk kehidupan manusia, bahkan mengancam kehidupan manusia.

2.   Jumlah langka akan membuat sengsara

Ketika barang ini langka maka orang-orang akan merasa kesulitan. Bahkan menjadi salah satu bahan utama untuk bertahan hidup. Barang ini juga menjadi kebutuhan yang mendasar bagi manusia. Ketika jumlahnya terlalu sedikit akan menganggu keberlangsungan hidup masyarakat baik secara langsung atau tidak langsung.

3.   Berasal dari alam

Semua benda ilith merupakan benda yang berasal dari alam. Benda yang berasal dari alam ini cenderung benda yang tidak gampang habis. Benda yang memang  dapat dengan mudah kita temukan di lingkungan kita. Benda ini sudah ada sejak dahulu dan akan selalu ada selama masih ada kehidupan.

 

Dampak Benda Illtih

Akibat adanya benda illith yang berlebihan memberikan beberapa akibat, antara lain;

1.   Kedinginan

Salah satu benda yang dapat menghangatkan tubuh ketika berada di alam yang bebas adalah api. Api sumber panas yang dapat meningkatkan suhu tubuh manusia. Api apabila tidak dapat dibuat ketika kondisi di alam bebas maka akan ada dampak yang buruk yaitu kedinginan. Kedinginan juga dapat menyebabkan kematian pada titik tertentu tergantung pada kondisi tubuh masing-masing individu.

2.   Kekeringan

Jumlah air yang terlalu sedikit juga memberikan dampak buruk bagi manusia. Salah satu contohnya adalah kekeringan. Banyak daerah yang kesulitan mencari air bersih untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini membuat manusia harus merasakan dampaknya ketika benda illith berupa air yang tersedia terlalu sedikit, bahkan ada yang tidak dapat menikmati air bersih.

3.   Banjir

Salah satu dampak illtih yang berjumlah terlalu banyak adalah banjir. Benda illith yang dimaksud adalah air. Air yang memiliki jumlah yang berlebihan akan menyusahkan manusia. Manusia akan merasakan sebuah bencana bahkan akan terdapat beberapa korban jiwa dalam kejadian ini. Banjir juga meninggalkan trauma kepada beberapa orang yang merasa tidak nyaman.

4.   Kebakaran

Salah satu dampak dari barang illith yang berlebihan adalah kebakaran. Kebakaran ini terjadi akibat adanya jumlah api yang terlalu besar dan membakar barang-barang yang ada disekitarnya. Kebakaran bahkan akan menimbulkan kerugian yang sangat besar. Baik secara material atau psikologis orang yang berada di lingkungan tersebut.

5.   Pemanasan Global

Panas matahari merupakan sumber energi utama yang ada di bumi. Jumlahnya tidak terbatas dan tidak akan habis. Panas matahari yang berlebihan akan mengakibatkan dampak yang cukup serius untuk masyarakat terkait kondisi lingkungan.

Pemanasan global akan menimbulkan dampak baru berupa sering terjadi banjir, permukaan air laut naik, es di kutub mencair, dan lain-lain.

6.   Angin Puting Beliung

Udara salah satu jenis barang yang tidak akan bisa habis namun ketika berlebihan akan menimbulkan permasalahan.

Salah satu masalah yang ditimbulkan adalah angin puting beliung. Angin puting beliung merupakan angin yang berbentuk memutar apabila menerjang benda apapun pasti akan terbawa dan membahayakan nyawa manusia yang ada di sekitar tempat kejadian.

7.   Angin Topan

Ini menjadi salah satu masalah yang ditimbulkan ketika terlalu banyak angin. Angin topan memiliki dampak yang sama dengan angin puting beliung. Hanya banyak istilah angin yang berbentuk silinder yang membahayakan banyak orang dan sudah menjadi fenomena alam yang serimg terjadi.

8.   Sesak Nafas

Jumlah udara yang terbatas ketika masuk dalam tubuh memberikan dampak yang buruk pada kesehataan manusia. Hal ini berkaitan dengan saluran pernafasan. Jumlah udara yang terbatas membuat seseorang sulit bernafas atau disebut sesak nafas.

Beberapa orang juga mengalami gagal nafas karena ada kesalahan dalam saluran pernafasannya. Kekurangan udara membuat seseorang merasa kesulitan.

 

D.  Barang Produksi

Barang produksi, sering juga disebut sebagai barang modal, adalah jenis barang yang digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa lainnya.

Hal ini dapat berupa mesin, peralatan, bahan baku, perangkat lunak, dan segala hal yang diperlukan untuk mendukung proses produksi dalam suatu perusahaan atau pabrik.

Barang produksi memiliki ciri khusus, yaitu tidak langsung digunakan oleh konsumen akhir seperti barang konsumsi. Sebaliknya, barang produksi digunakan oleh produsen atau perusahaan dalam rangka untuk menciptakan barang dan jasa yang akan dijual kepada konsumen akhir.

 

barang produksi

Jenis-Jenis Barang Produksi

Barang produksi dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan sifat dan perannya dalam proses produksi. Beberapa jenis barang produksi yang umum meliputi:

1.   Mesin dan Peralatan

Mesin dan peralatan adalah salah satu jenis barang produksi yang paling umum. Mereka digunakan dalam berbagai industri untuk memproses, mengolah, atau menghasilkan barang dan jasa. Contohnya adalah mesin produksi dalam pabrik manufaktur, peralatan pertanian, atau peralatan medis dalam industri kesehatan.

2.   Bahan Baku

Bahan baku adalah bahan mentah atau bahan dasar yang digunakan dalam proses produksi. Contohnya adalah logam, plastik, kayu, dan produk alam lainnya yang digunakan dalam pembuatan berbagai produk. Bahan baku ini akan diolah dan diubah menjadi barang jadi melalui proses produksi.

3.   Perangkat Lunak

Dalam era digital, perangkat lunak telah menjadi komponen kunci dalam produksi berbagai jenis barang dan jasa. Perangkat lunak seperti sistem manajemen inventaris, perangkat lunak desain grafis, atau perangkat lunak akuntansi sangat penting dalam menjalankan operasi bisnis dengan efisien.

4.   Peralatan Transportasi

Peralatan transportasi, seperti truk, kapal, pesawat terbang, dan kereta api, juga termasuk dalam kategori barang produksi. Mereka digunakan untuk mengangkut barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya, memungkinkan distribusi yang efisien.

5.   Perangkat Elektronik

Dalam dunia modern, perangkat elektronik seperti komputer, printer, dan perangkat komunikasi adalah barang produksi yang sangat penting. Mereka digunakan dalam hampir semua aspek kegiatan bisnis, termasuk administrasi, komunikasi, dan pemrosesan data.

 

Peran Penting Barang Produksi Dalam Ekonomi

Barang produksi memainkan peran penting dalam ekonomi suatu negara. Berikut adalah beberapa peran kunci yang dimainkan oleh barang produksi:

1.   Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Barang produksi adalah fondasi pertumbuhan ekonomi. Mereka memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan output barang dan jasa. Ini berkontribusi langsung pada pertumbuhan ekonomi suatu negara.

2.   Penciptaan Lapangan Kerja

Industri yang memproduksi barang produksi biasanya mempekerjakan banyak tenaga kerja. Hal ini menciptakan peluang kerja bagi banyak orang dan mendukung stabilitas ekonomi dengan mengurangi tingkat pengangguran.

3.   Inovasi dan Pengembangan

Untuk tetap bersaing di pasar global, perusahaan perlu terus menerus mengembangkan dan meningkatkan barang produksi mereka. Ini mendorong inovasi dalam teknologi, desain produk, dan proses produksi.

4.   Dukungan Terhadap Industri Lain

Barang produksi juga mendukung industri lain yang tergantung pada mereka. Sebagai contoh, industri bahan baku tergantung pada permintaan dari pabrik-pabrik yang membutuhkan bahan baku untuk proses produksinya.

5.   Peningkatan Kualitas Hidup

Dalam masyarakat modern, barang produksi seperti perangkat medis, teknologi energi terbarukan, dan perangkat yang meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih umum. Barang-barang ini meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

 

E.  Barang Konsumsi

Barang konsumsi adalah produk yang dibeli untuk dikonsumsi oleh konsumen pada umumnya, atau disebut juga sebagai barang akhir. Barang konsumsi adalah hasil akhir dari produksi dan manufaktur dan apa yang akan dilihat oleh konsumen saat ditampilkan di rak toko. Pakaian, makanan, dan perhiasan adalah contoh barang konsumsi. Bahan baku atau dasar, seperti tembaga, tidak dianggap sebagai barang konsumsi karena harus diubah menjadi produk yang dapat digunakan.

 

barang konsumsi

Jenis-Jenis Barang Konsumsi

1.   Convenience Goods

Convenience goods biasanya dikonsumsi secara teratur dan mudah didapat. Secara umum, barang-barang praktis masuk dalam kategori convenience goods seperti makanan cepat saji, rokok dan tembakau dengan nilai rendah. Sebagian besar convenience goods dijual oleh pedagang grosir atau pengecer untuk membuatnya tersedia bagi konsumen dalam kapasitas yang baik atau besar. 

2.   Shopping Consumer Goods

Shopping consumer goods adalah barang-barang di mana pembelian membutuhkan lebih banyak pemikiran dan perencanaan daripada dengan convenience goods. Shopping consumer goods memang lebih mahal dan memiliki daya tahan dan rentang hidup yang lebih lama daripada convenience goods. Shopping consumer goods termasuk peralatan rumah tangga dan pakaian.

3.   Specialty Consumer Goods

Specialty consumer goods adalah barang yang jarang diproduksi dan seringkali dianggap sebagai barang mewah. Pembelian specialty consumer goods disediakan untuk pembeli kelas elit untuk melakukan pembelian. Upaya pemasaran diarahkan untuk pasar terbatas, biasanya kelas atas. Produk-produk ini termasuk mobil mewah dan perhiasan.

4.   Unsought Consumer Goods

Unsought consumer goods adalah barang yang belum dikenal atau sudah diketahui namun belum terpikirkan untuk dibeli oleh konsumen. Namun, ada beberapa anggota pasar yang sudah membeli unsought consumer goods. Barang-barang ini biasanya tidak dibeli berulang kali dan biasanya melayani kebutuhan khusus, seperti asuransi jiwa.

 

 

Referensi

https://kumparan.com/berita-update/pengertian-ciri-ciri-dan-contoh-benda-ekonomi-1wbm9fHvDgI/full

https://www.gramedia.com/literasi/contoh-barang-ekonomi/

https://www.idntimes.com/business/economy/dahli-anggara/apa-yang-dimaksud-benda-bebas-exp-c1c2?page=all

https://www.kompas.com/skola/read/2023/03/09/090000069/contoh-barang-bebas-dan-barang-ekonomi

https://accurate.id/ekonomi-keuangan/barang-illith-adalah

https://dosensosiologi.com/benda-illith/

https://www.temukanpengertian.com/2014/01/pengertian-benda-produksi.html?m=0

https://lyrid.co.id/barang-produksi-adalah/

https://kamus.tokopedia.com/b/barang-konsumsi/

https://pixabay.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISAH WIRAUSAHA SUKSES

    Di antara makhluk hidup yang di ciptakan Tuhan Yang Maha Esa, manusia merupakan makhluk yang paling sempurna. Manusia membutuhkan peke...